6. Mirza Ghulam Ahmad (wafat tahun 1908).

6. Mirza Ghulam Ahmad (wafat tahun 1908).

A. SEJARAH RINGKASNYA

Ada satu faham "baru" dalam dunia islam, yang dianggap juga sebagai faham "pemodernisasi", yaitu faham yang dibangun oleh MIRZA GHULAM AHMAD ALQADIYANI.

Ajaran-ajaran Mirza Ghulam Ahmad Al Qadiyani menggerayangi juga masyarakat umat islam di seluruh dunia, terutama faham "Ahmadiyah Lahore".

Mirza Ghulam Ahmad lahir di suatu desa yang bernama Qadiyan, di bahagian Punjab India (sekarang Pakistan) pada tahun 1836 dan wafat disitu juga pada tahun 1908, tiga tahun sesudah wafatnya Muhammad 'Abduh.


Jadi 4 orang diantara pemuka pemodernisasi agama hampir bersamaan zamannya, yaitu Sayid Jamaluddin Al Afgani (wafat 1897), Sir Sayid Ahmad Khan (wafat 1898), Muhammad 'Abduh (wafat 1905) dan Mirza Ghulam Ahmad (1908).

Adalah suatu kenyataan pula, bahwa Jamaluddin Al Afgani dan Muhammad Abduh menentang habis-habisan Sir Sayid Ahmad Khan dan Mirza Ghulam Ahmad dan menganggap kedua yang dibelakang ini hanya alat kolonial Inggris semata-mata (baca majalah Al Urwatul Wutsqa yang diterbitkan di paris oleh Jamaluddin dan Muhammad Abduh pada tahun 1884). Mirza Ghulam Ahmad pada mulanya adalah golongan Syi'ah Isma'iliyah yang berfaham, bahwa Imam Isma'il yang gaib, yaitu keturunan yang ke 7 dari Saidina 'Ali akan lahir pada akhir Zaman sebagai Imam Mahdi.

Tetapi, setelah itu usia Mirza Ghulam Ahmad ini 54 tahun, maka pada tahun 1890 ia menda'wakan diri mujaddid (pembaharu Agama), imam Mahdi, 'Isa al Muntazhar (isa yang ditunggu) dan sekaligus menda'wakan dirinya "nabi akhir zaman". Ajaran "Ada nabi sesudah nabi Muhammad Saw" bukan saja ditentang oleh Ulama islam kaum Ahlussunnah Wal Jama'ah, tetapi juga ditentang oleh kaum syi'ah, baik Syi'ah Imamiyah, Syi'ah Zadiyah, ataupun Syi'ah Isma'iliyah, karena bagi kaum Syi'ah imam mahdi itu adalah dari keturunan Saidina 'ali, sedang Mirza Ghulam Ahmad bukan dari keturunan Saidina 'Ali.

Kaum Ahlussunnah Wal Jama'ah menentang pula sekeras-kerasnya faham Ahmadiyah ini, karena bagi mereka tidak ada lagi Nabi sesudah Nabi Muhammad Saw..

Gerakan "Ahmadiyah" itu kemudian terbagi dua, yaitu :

1. Ahmadiyah qadian.

2. Ahmadiyah lahore, yg dipimpin oleh KHWAJA KAMALUDDIN.

"Ahmadiyah lahore" banyak menerbitkan buku-buku dalam bahasa inggris, juga ada sebuah tafsir al Qur'an dalam bahasa
inggris yang dikarang oleh Maulawi Muhammad 'Ali tahun 1920.

Buku-Buku ini tersiar dalam kalangan kaum intelektuil bangsa indonesia.

Dikalangan rakyat banyak faham Ahmadiyah (Qadian atau Lahore) tidak laku, karena faham itu dianggap di luar lingkungan faham Agama Islam.

B. KONSEPSI-KONSEPSI & PENDAPAT-PENDAPATNYA.

1. Ia (MIRZA GHULAM AHMAD) adalah pemodernisasi Agama (kepercayaan cabang lahore).

2. Ia adalah nabi akhir zaman (menurut cabang Qadian).

3. Jihad dalam Islam sesudah wafat nabi muhammad adalah hanya dengan lisan dan tulisan.

4. Penguasa Inggris adalah penguasa yang diutus Tuhan untuk keseluruhan umat manusia.

5. Nabi Isa sudah wafat dan makamnya berada di Kasymir.

6. Dan lain-lain.
Hay tamuku,Trimakasih sudah membaca 6. Mirza Ghulam Ahmad (wafat tahun 1908). ,Silahkan bagikan artikel 6. Mirza Ghulam Ahmad (wafat tahun 1908). kepada teman anda!
Share on :
 

Posting Komentar

jangan lupa di coment !!!!

 
Support : Al-Fata | Ijal Mantap |
Copyright © 2013. Goresan ijal mantap - All Rights Reserved
Di Design Ulang Oleh I Template Blog Published by I Template Blog
Proudly powered by Blogger